Stabilkan Emosi saat Berkendara dengan Yoga


Kemacetan lalu lintas memang sepertinya sudah menjadi 'tradisi' yang ditemui di sebagian besar jalan raya di kota-kota besar di Indonesia. Seperti misalnya di DKI Jakarta, hampir setiap hari arus lalu lintas mengalami kemacetan yang cukup parah di berbagai ruas jalan yang memenuhi kawasan Ibukota ini.

Pasalnya, mental yang lemah akan membuat Anda mudah emosi terutama saat di jalan raya. Sebenarnya ada begitu banyak cara untuk mengendalikan emosi. Namun, saat berada di jalan raya, entah banyak yang merasa emosinya mudah tersulut dengan beragam hal yang terjadi di jalan.

Berkendara di dalam kondisi lalu lintas yang padat serta sering macet tentunya sering membuat emosi menjadi tidak stabil. Tidak jarang pengemudi pun menjadi stress yang mana dapat menyebabkan konflik saat berkendara. Konflik pun dapat menyebabkan terjadinya insided yang tidak diinginkan. Oleh karena itu ada baiknya pengemudi selalu menjaga kondisi agar stabil saat berkendara.

Namun, segera mungkin meredakan emosi sebelum berkendara adalah hal yang penting. Sebab, jika tidak cepat-cepat diatasi, emosi bisa berujung pada perkelahian di jalan bahkan kecelakaan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menstabilkan emosi Anda. Salah satunya adalah dengan melakukan  olahraga yoga. Olahraga yoga dapat menstabilkan emosional Anda karena menitikberatkan pada aktivitas meditasi yang mana diyakini mampu melatih dan mempengaruhi mental seseorang. 

Untuk tetap menjaga kebugaran anda harus menjaga pola makan dan berolah raga. Untuk melakukan oleh raga yang paling ringan adalah dengan melakukan yoga. Hal ini dikarenakan yoga bisa dilakukan kapanpun, dimanapun bahkan ketika anda mengemudi dengan kendaraan.

Dikutip dari Otosia.com, seorang instruktur yoga Yohanna Purba memberikan penjelasan tetang bagaimana yoga dapat membantu menenangkan emosi.

"Saat kita latihan itu mengutamakan nafas dan arahan agar selalu tenang. Ketenangan itu terekam dan terbawa ke aktivitas sehari-hari. Kadang itu kalau kita panik di jalan cuma butuh tarik nafas saja. Itu sudah membuat rileks," jelas Yohanna.

Dari banyak pernapasan pranayama yoga ada setidaknya 2 jenis yang berdiri sendiri: Breath of Fire (Napas Api) Pranayama Yoga dan Kapalbhati Yoga Pranayama.

Kedua jenis pranayama ini memiliki banyak manfaat, namun tetap sederhana dan mudah dilakukan termasuk ketika anda mengemudi. Bahkan ketika anda mengemudi bersama dengan keluarga, anda semua bisa melakukan latihan secara bersama-sama. Namun tetap jangan melakukan Jenis Yoga ini apabila dapat mempengaruhi kemampuan mengemudi an

Selain itu Yohanna juga mengatakan bahwa dengan berlatih dan melakukan yoga rutin, Anda pun akan dapat memiliki kesadaran emosi dan logika saat menghadapi lalu lintas. "Lalu masalah emosi, mengumpat itu sudah bisa ditahan, secara mental tidak panik di jalan. Karena udah tahu risikonya di jalan itu begitu," jelas Yohanna.

Apalagi bagi Anda yang sering terjebak macet saat berkendara. Yohana mengatakan bahwa dengan yoga  Anda akan dapat menjaga kondisi tubuh tetap prima meski Anda terjebak dalam kondisi macet yang tentunya sangat melelahkan. Kondisi prima ini secara tidak langsung turut mempengaruhi keadaan emosional.

"Mungkin bisa dilihat dari postur. Karena di yoga dilatih duduk tegak. Jadi saat di mobil itu posturnya lebih bagus. Aliran darah jadi lebih lancar, distribusi oksigen lebih maksimal," tutup Yohanna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

All New Toyota Alphard Hasil Modifikasi Eksklusif Kolaborasi

Inilah 5 Vitamin Terpenting Yang Di Butuhkan Tubuh Anda!

Toyota Masih Menjadi Yang Terlaris Di Tahun 2016 Ini, Mampu Capai Penjualan 314.678 Unit