Tertarik membeli Mobil Bekas? Cek Kondisinya Terlebih Dahulu



Kebutuhan akan kendaraan roda empat kadang mengharuskan Anda untuk segera membeli mobil walaupun dana terbatas. Selain kredit salah satu alternatif untuk membeli mobil dengan budget terbatas adalah dengan membeli mobil bekas.

Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli mobil bekas, Anda harus lebih teliti dalam mengecek kondisi mobil. Membeli mobil bekas membutuhkan ketelitian, karena jangan sampai kita mendapatkan harga murah namun malah justru mendapatkan segudang masalah pada mobil bekas yang kita beli tersebut. Pasalnya mobil bekas  terkadang memilki kondisi yang buruk namun tak terlihat. Oleh karena itu ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengecek kondisi mobil bekas. 

Bagi orang yang sudah cukup berpengalaman, tentu bukan masalah besar saat hendak membeli mobil bekas, karena dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya, mereka pasti bisa memilih mobil bekas dengan kondisinya yang masih bagus dan berkualitas, sedangkan harganya sesuai dengan spesifikasi dan standartnya.

Tips yang pertama adalah dengan lakukan test drive. Mengapa harus lakukan test drive ?Test drive akan memberikan gambaran bagaimana kondisi dan performa mobil secara nyata. Dengan begini Anda juga bisa melakukan inspeksi secara menyeluruh mengenai kondisi eksterior dan interior mobil. Test driveini akan dapat membuat Anda ketahui dan menilai kondisi mesin mobil. Jika ada bagian yang tidak beres, akan dapat diketahui dengan tes drive.

Terlebih periksa dahulu apakah ada kebocoran atau tidak pada mobil bekas tersebut. Cairan mobil merupakan komponen mobil yang mudah rusak, padahal cairan mobil sangat penting untuk menjaga umur pemakaian mobil.

Cara yang mudah dalam mendeteksi apakah ada kebocoran pada mobil atau tidak adalah dengan memeriksa kondisi radiator mobil. Radiator mobil adalah salah satu komponen yang ada pada sistem pendingin. Selain pada radiator, periksa juga kondisi selang radiator, pompa air, atau balok mesin. Komponen-komponen tersebut sangat rawan adanya kebocoran. 

Periksa warna cairan pendingin, lalu perhatikan apakah ada bekas cairan dengan warna yang sama yang berada di sekitar sistem pendingin atau kolong-kolong mobil. Dan juga jika sobat menemukan adanya warna oli mesin cokelat atau seperti susu maka air radiator mobil tersebut bocor dari dalam mesin (bukan dari selang-selang atau komponen sistem pendingin).

Berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah latar belakang mobil. Anda dapat menanyakan tentang latar belakang mobil kepada si penjual sebelum memutuskan untuk membelinya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan  melihat bagian mobil mana saja yang masih ada dan tidak diganti. Dengan begini Anda juga dapat ketahui usia dan keadaan mobil melalui background check ini. 

Namun jika anda sendiri kurang paham mengenai hal itu, anda bisa meminta bantuan teman atau saudara yang anda ajak tadi, untuk mengecek dan memeriksa bagaimana kondisi fisik mobil tersebut.

Yang terakhir Anda bisa melakukan perbandingkan harga. Jangan ragu untuk menawar dan melakukan negosiasi. Anda pun dapat membandingkan harga dengan dealer lainnya sebelum memutuskan untuk deal membeli mobil tersebut. Siapa tahu dengan menawar Anda mendapat discount dengan harga lebih murah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

All New Toyota Alphard Hasil Modifikasi Eksklusif Kolaborasi

Inilah 5 Vitamin Terpenting Yang Di Butuhkan Tubuh Anda!

Toyota Masih Menjadi Yang Terlaris Di Tahun 2016 Ini, Mampu Capai Penjualan 314.678 Unit