Inspirasi Modifikasi Toyota Levin M/T 1993, Unfinished Project


Seperti yang telah kita ketahui Toyota Levin adalah salah satu legenda yang pernah dilahirkan oleh Toyota Motor Corporation (TMC). Toyota Levin merupakan bagian dari Corolla Family. Dimulai dari Toyota Levin, lalu lahir Trueno atau dikenal pula AE86,  Sprinter (AE92) hingga terkini Toyota 86.

Toyota Levin ini merupakan mobil sedan andalan pabrikan mobil yang memiliki lambang huruf T . Bergaya sporty dengan dua-pintu. Pada masanya mampu menghipnotis kaum muda dan penyuka kecepatan. Tak salah bila versi Levin, Trueno maupun Sprinter manjadi collector item.

Toyota Levin ini memang tergolong mobil produk Toyota yang terbilang lawas. Namun jangan khawatir anda bisa melakukan modifikasi pada mobil ini agar terlihat keren. Modifikasi adalah satu cara personalisasi terhadap kendaraan yang dimiliki, hal ini pun tidak dilarang untuk dilakukan selama tidak menyalahi aturan yang ada.

Nah, supaya Anda tak salah langkah, dalam modifikasi sebaiknya menentukan terlebih dahulu apa aliran yang akan diterapkan pada kendaraan. Jika Anda tidak memiliki bakat untuk modifikasi mobil, sebaiknya konsultasikan dengan yang paham soal itu. Atau Anda bisa melihat referensi di majalah-majalah atau di internet.

Satu hal yang perlu di ingat, jika yang Anda ingin modifikasi adalah mobil yang laris manis, biasanya memiliki banyak sekali pilihan komponen-komponen aksesoris yang ditawarkan sebagai barang after market.

Inspirasi modifikasi kali ini datang dari Toyota Levin milik Ian Hervidianto yang akrab disapa Ian. Menurutnya modifikasi pada kendaraan ini tidak akan ada habisnya.

“Gue lagi bangun Levin nih, tapi ini sepertinya bakal jadi restorasi dan modifikasi yang enggak ada ujungnya, hahaha,” gelak Ian.

Ian mengguyur sekujur bodi mobil Toyota Levin miliknya dengan warna signal red supaya terkesan semakin sporty. “Lagipula warna ini kan kondang banget di tahun 1990-an,” tukasnya lagi.

Untungnya, Toyota Levin miliknya sudah dilengkapi dengan body kit custom hingga ek side skirt-nya. Kemudian, pada bagian pembangkit tenaga karena mesin asli 4AG-E bawaan dianggap sudah tidak mumpuni. Ia langsung memilih opsi engine swap dengan mesin yang lebih sakti, yaitu 4AG-E black top! “Mobil begini cocoknya langsung diceburin mesin kencang, supaya makin kelihatan sportnya,” tutur pemukim di Bintaro ini.

Beres dengan bodi dan mesin, baru nyari pelek yang cocok untuk mainan barunya ini. Akhirnya dipilih OZ Racing Leggenda ukuran 17x7,5 inci. Pelek asal Italia ini langsung terpasang rapi dengan ban Achilles ATR Sport ukuran 215/45R17. “Profil bannya jangan terlalu tipis, supaya masih aman kalau ketemu jalan jelek,” tukas mantan pembalap drag race ini. Nah, untuk suspensinya dipasang lowering kit Tein.

Jadi, apa lagi yang mau di-upgrade? “Masih banyak nih PR-nya. Pokoknya nanti kalau sudah rapi semua, foto lagi ya sob!” serunya. Y

Data Modifikasi:
Eksterior: Repaint signal red, body kit custom
Pelek dan Kaki-kaki: OZ Racing Leggenda 17x7,5 inci, ban Achilles ATR Sport 215/45R17, lowering kit Tein
Interior: Setir deep horn two spokes Sparco, shift knob Sparco, panel karbon, DVD monitor Pioneer AVH-1750DVD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

All New Toyota Alphard Hasil Modifikasi Eksklusif Kolaborasi

Inilah 5 Vitamin Terpenting Yang Di Butuhkan Tubuh Anda!

Toyota Masih Menjadi Yang Terlaris Di Tahun 2016 Ini, Mampu Capai Penjualan 314.678 Unit