Gunakan Ring Ini Sebagai Solusi Oli Mesin Mobil Yang Sering Berkurang


Ketika ganti mobil, para pecinta otomotif tentu sudah sering memakai seal tape untuk dililitkan ke baut karter. Padahal cara ini dianggap cara yang kuno, justru menggunakan seal tape dianggap sebagai penyebab utama oli mesin berkurang. Sebaiknya Anda periksa area oli bawah mesin atau lantai di bawah mobil parkir, jika terdapat rembesan oli maka segera siapkan ring washer oli.

Apa sih sebenarnya ring washer itu?
Terbuat dari metal dengan diameter dalam bervariasi tergantung baut oli. Tahan panas baik rambatan metal atau oli,” terang Almus Hidayat, sales manager sebuah produk otomotif.

Kelebihan lain dari ring washer ini adalah tidak merusak alur baut karena tidak ikut berputar dengan baut. Hal inilah yang menghindarkan sumbatan di lubang karter oli.

Meskipun terlihat mulur, namun permukaan ring ini sebenarnya memiliki alur ketika dilihat menggunakan mikroskop. Alur ini berguna untuk mencengkeram baut dan permukaan karter. Ring washer ini tentu sangat berbeda dengan seal tape berwarna putih yang bisa merusak drat baut.

Selain itu, seal tape juga tidak menjamin kebocoran oli bisa diatasi dan bahan seal tape yang lemas tidak tahan panas. Bila terus dibiarkan maka bisa membuat jumlah oli berkurang secara signifikan dan berpotensi merusak mesin.

Nah, ring washer ini sudah biasa menjadi komponen standar bengkel resmi, sedangkan untuk bengkel umum masih belum menyediakan. Terlebih lagi, ring washer tidak dibuat di dalam negeri. Meski buatan luar negeri, ternyata harga komponen ini tidak mahal yakni hanya sekitar Rp. 5000 – 10.000.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

All New Toyota Alphard Hasil Modifikasi Eksklusif Kolaborasi

Inilah 5 Vitamin Terpenting Yang Di Butuhkan Tubuh Anda!

Toyota Masih Menjadi Yang Terlaris Di Tahun 2016 Ini, Mampu Capai Penjualan 314.678 Unit